Cara rigging objek 3D di Blender

Assalamualaikum. Halo sahabat WALANG SITE. Selamat datang kembali di website WALANG SITE. Senang sekali WALANG SITE dapat bertemu kembali di walangsite.blogspot.com (blognya anak-anak milenial). Pada postingan kali ini WALANG SITE mempersembahkan tutorial yang cukup menarik dan sangat cocok bagi sahabat yang senang akan animasi 3 dimensi, yaitu tutorial mengenai cara rigging objek 3D di Blender. Sebelumnya, apa itu rigging? Rigging adalah pemberian bone (tulang) kepada objek, sehingga bagian objek tersebut dapat bergerak sebagaimana mestinya. Jadi pada tutorial ini sahabat akan dibimbing cara memberikan bone (tulang) pada objek, hingga objek tersebut dapat digerakkan. Lalu bagaimanakah caranya? Apakah sulit? Untuk itu mari sama - sama langsung ke tutorialnya aja dan menuju ke TKP.

Baca juga:

  • Tutorial membuat pohon di Blender 
  • Tutorial membuat meja di aplikasi Blender


  • 1. Pada tahap pertama, sahabat buka terlebih dahulu aplikasi Blender di komputer atau laptop sahabat.
    2. Buka file objek 3 dimensi yang akan sahabat beri rigging dengan cara, pilih File lalu klik open. Lalu cari file objek 3 dimensi yang sahabat ingin beri efek rigging.

    3. Kemudian pada tahap no. 3. di menu Open sahabat pilih file yang sahabat pilih, lalu klik Open Blender File. Maka file tadi yang sahabat pilih akan tampil di lembar kerja Blender sahabat.

    4. Nah objek yang dibuat sebelumnya oleh sahabat sudah muncul. kali ini sahabat masuk ke dalam tahap pemberian bone (tulang) pada objek 3 dimensinya. Tahap pertama yang harus di lakukan pada saat pemberian tulang atau bone pada objek 3 dimensi yang sahabat punya adalah menambahkan bone (tulang) baru ke lembar kerja sahabat, dengan cara: pilih Add, lalu pilih Armature, kemudian klik Single Bone. Maka bone pun akan muncul.

    5. Setelah menambahkan bone (tulang) yang baru, langkah selanjutnya adalah tempatkan Bone (tulang)nya tadi ke dalam objek 3 dimensinya tadi, sebelumnya di pengaturan Properties kita pilih Object Data, lalu pilih X-ray (gunanya supaya tulang (bone) terlihat di dalam objek). Pindahkan Bone tadi dengan menekan tombol G lalu drag ke dalam objek.

    6. Pindah ke tahap Edit Mode dengan menekan tombol Tab pada area keyboard. Lalu pada tahap ini sahabat buatlah Bone (tulang) tadi seperti gambar di bawah ini, dengan menggunakan tombol E (untuk mengekstrud bone-nya tadi) dan tombol G (untuk memindahkan bone). Langkah ini tujuannya untuk membuat kerangka struktur tulang yang ada di dalam objek 3 dimensinya tadi.

    7. Di langkah tutorial no. 7 ini. Setelah pemberian tulang (bone) telah selesai lalu masuk ke proses penggabungan objek denagn bone, caranya: masuk ke Pose mode, lalu klik objek, lalu tekan Shift (tahan) lalu klik bone-nya. Setelah itu tekan Ctrl+P, lalu pilih With Automatic Weights. Maka objek dan bone-nya telah menyatu.

    8. Coba gerakkan salah satu bagian pada objek tadi denagn menekan tombol R lalu drag ke arah yang sahabat inginkan. Maka bone dan objek akan bergerak secara bersamaan. Maka proses rigging telah selesai.

    Sekian tutorial kali ini, semoga ada manfaatnya bagi sahabat WALANG SITE semua. Nantikan tutorial - tutorial menggunakan Blender lainnya hanya di walangsite.blogspot.com. Jangan lupa kunjungi postingan - postingan lainnya yang hanya ada di walangsite.blogspot.com (blognya anak-anak milenial). Jika ada kritik dan saran dari sahabat WALANG SITE, silahkan isikan di kolom komentar WALANG SITE. Terima kasih.