Tutorial Membuat Efek Transparan di Blender


Assalamualaikum sahabat WALANG SITE. Ketemu lagi kita di walangsite.blogspot.com “Blognya Anak – Anak Millenial”. Apa kabar sahabat WALANG SITE semua? Senang banget WALANG SITE masih bisa menyapa sahabat semua, masih bisa memberi tutorial – tutorial menarik dan hanya untuk sahabat setia WALANG SITE. Nah, pada kesempatan kali ini WALANG SITE akan mencoba memberi tutorial kepada sahabat semua dan hari ini bertemakan aplikasi Blender. Seperti yang sahabat tau akhir – akhir ini WALANG SITE memberikan tutorial – tutorial yang ada kaitannya dengan aplikasi Adobe Photoshop, nah sekarang biar gak bosan, kita coba untuk membuat tutorial yang bertemakan aplikasi Blender. Untuk judul tutorial kali ini WALANG SITE beri judul tutorial membuat efek transparan di Blender. Biasanya ini di terapkan dalam pembuatan objek seperti gelas, botol air mineral, kaca jendela, dan lain sebagainya. Kira – kira seperti apakah tutorialnya? Berikut WALANG SITE sajikan dengan gambar sebagai tambahan untuk memperjelas tutorialnya.

1. Buka aplikasi Blender di laptop atau di computer sahabat.

2. Kita coba mengaplikasikannya menggunakan objek Cube saja, nanti sahabat bisa mengaplikasikannya ke bentuk apa saja.

3. Selanjutnya, kita langsung saja masuk ke menu Material. Di bagian Diffuse kita ubah Intensity-nya menjadi 1.000. Lanjut di bagian Specular sama pada Intensity kita ubah ke 0.400, kemudian ubah Specular Shader Model-nya menjadi Wardlso dan Slope diubah menjadi 0.100.

4. Masih pada menu Material. Kita Scroll ke bawah, selanjutnya kita centang pada kotak Transparency, kemudian ubah Method to use for rendering transparency menjadi Raytrace. Kita ubah kapasitas Alpha menjadi 0.000, IOS menjadi 1.450, dan Depth menjadi 4. Selanjutnya kita centang bagian Mirror, lalu pada bagian Reflectivity kita ubah menjadi 0.015 dan pada Depth kita ubah juga menjadi 2.

5. Maka efek transparan telah kita terapkan pada objek. Untuk mendapatkan hasil pantulan transparan yang baik, pengaturan lighting / cahaya sangat penting kita perhatikan, agar hasil yang baik bisa kita raih.
6. Jika sudah kemudian kita render. Hasilnya objek tadi menjadi transparan dan membaur dengan warna backgroundnya.

Nah itu tadi adalah tutorial membuat efek transparan di Blender. Bagaimana mudah bukan cara membuatnya? Semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi sahabat semua dalam mencari tutorial yang berkaitan dengan aplikasi blender. Jangan lupa juga sahabat semua kunjungi postingan – postingan tutorial lainnya yang hanya ada di WALANG SITE. Nantikan postingan tutorial selanjutnya yang pastinya keren dan kekinian banget. Mohon maaf apabila terdapat kekeliruan dalam pembuatan postingan pada hari ini yang membuat kekurang nyaman sahabat yang membacanya. Terima kasih telah mengunjungi WALANG SITE dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya. Terima kasih.