Resensi Buku “Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Perspektif dan Penglaman.”



1. IDENTITAS BUKU
    a.) Judul Buku : Pembelajaran Teknologi Informasi  di Perguruan Tinggi Perspektif dan                  Pengalaman.
    b.) Penulis / Editor : 1. Fathul Wahid
                                     2. Teduh Dirgahayu
    c.) Penerbit : Graha Ilmu
    d.) Tahun Terbit : 2012
    e.) Tebal : 251 Halaman

2. SINOPSIS BUKU
Buku ini disusun berdasarkan inisiatif secara kolektif dari Jurusan Teknik Informasi, Fakultas Teknologi Industri, Unisversitas Islam Indonesia. Buku ini berisikan tulisan dari sejumlah dosen yang memiliki latar belakang, tempat mengajar, pengalaman, bidang minat, dan perspektif yang berbeda - beda. Berdasarkan dokumentasi dari para dosen mengenai pandangan perspektif mereka dalam memandang aktivitas akademik dan berbagai metode pengajaran yang akan atau sudah diimplementasikan di perguruan tinggi saat ini. Tujuan dari terbitnya buku ini adalah agar setiap jurusan dan para dosen TI yang ada di Indonesia merasa “terusik” apabila tidak memberikan cara yang terbaik terhadap para mahasiswa yang mereka bimbing.

3. KELEBIHAN BUKU
     o   Karena bersumber dari berbagai dosen, sehingga isi dari buku ini pun telihat kompleks dan kaya akan perspektif serta kaya akan sudut pandang mengenai tema yang ada di buku ini.
     o   Meskipun banyak pendapat dan sudut pandang yang berbeda dari setiap dosen. Tetapi penulis membuat sebuah cara berupa pengelompokkan tema – tema besar, yang akan memudahkan para pembaca dalam memahami dan mencerna isi yang ada di buku ini.
     o   Buku yang dapat dijadikan sebuah acuan dan referensi bagi para dosen dalam peningkatan kegiatan pengajaran dan pembimbingan terhadap mahasiswanya.

4. KELEMAHAN BUKU
Tujuan dari isi buku ini cenderung lebih merujuk untuk para dosen TI, sehinngga cenderung sifatnya kurang umum.

5. KESIMPULAN
Buku ini sangat direkomendasikan bagi para pembaca seperti, mahasiswa atau lebih khususnya untuk para dosen, untuk sebagai acuan dan referensi dalam perbaikan sistem pembelajaran yang lebih baik lagi.

Link untuk referensi mengenai buku ini: